Tips Atasi Pilek Pada Bayi Umur 0-6 Bulan

Bayi yang baru lahir tentu saja mempunyai sistem daya tubuh yang belum kuat dan sempurna sekali, tidak mengherankan jika bayi sering sekali mengalami masalah penyakit. Salah satunya adalah pilek atau flu, untuk orang dewasa saja ini merupakan salah satu sakit yang memberikan ketidaknyamanan apalagi bagi bayi. Rewel pasti akan menjadi hal yang paling umum saat bayi mengalami kondisi ini, lalu bagaimana bunda dirumah untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut?

Pemberian obat flu untuk bayi sebenarnya boleh-boleh saja, tetapi ada baiknya melalui resep dokter yang sudah paham akan usia dan dosis dari obat tersebut. Jika orang tua memberikan secara sembarangan obat warung, ditakutkan anak belum cocok akan dosisnya dan berimbas pada efek kesehatan lainnya. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi anak flu yaitu:

  1. Untuk mengurangi hidung tersumbat pada bayi yang sedang pilek, ada baiknya untuk selalu menempatkan pada ruangan tanpa AC. Tetapi jika memang bayi lebih nyaman dalam ruangan AC, pastikan jika Anda memberikan mesin uap air panas atau memberikan minyak esensial.
  2. Jika memang dirasa ingus yang terlalu menghambat nafas dari bayi, ada baiknya untuk atasi dengan air garam yang diteteskan pada ujung lubang hidung bayi. Setelah itu gunakan alat untuk menyedot dan membersihkan ingus bayi.
  3. Anda bisa memberikan selalu ASI untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan nutrisi yang terkandung didalamnya.
  4. Selalu bersihkan lendir ataupun cairan yang mengeras pada hidung sehingga tidak menyebabkan tersumbat.

Jika dengan beberapa langkah diatas tetapi bayi masih saja mengalami masalah flu atau pilek, ada baiknya untuk langsung konsultasikan kepada dokter. Umumnya akan diberikan obat pilek resep dokter yang sudah jelas aman. Namun ada baiknya bayi sangat diminimalisir untuk mengkonsumsi berbagai obat terlalu banyak. Bila memang pilek yang dialami masih bisa diatasi dengan cara yang alami kenapa harus menggunakan obat-obatan? Karena banyaknya obat yang dikonsumsi bayi akan berimbas pada tumbuh kembangnya sampai masa depan.

Tags: