Jangan Sepelekan Pilek Pada Anak, Ini Dia Akibatnya!

Pilek atau flu merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum sekali dialami oleh si kecil. Hal ini bukan hanya ditandai dengan keluarnya ingus dari hidung secara terus menerus tetapi juga disertai dengan demam, pusing sampai dengan lemas tubuh anak. Jika melihat hal demikian pasti orang tua tidak tega, apalagi jika anak terus menerus rewel sehingga membuat kenyamanan yang diharapkan tidak terjadi. Meskipun begitu, tidak sedikit pula orang tua yang biasa saja mengatasi masalah tersebut.

Memang sudah ada banyak sekali jenis obat flu untuk bayi sampai dengan orang dewasa yang beredar dipasaran. Tetapi perlu orang tua pahami jika mencari obat untuk anak apalagi bayi itu tidak bisa secara sembarangan. Harus memperhatikan banyak sekali hal seperti:

  1. Fungsi atau kegunaan utama dari jenis obat tersebut.
  2. Efek samping yang diberikan dari obat tersebut.
  3. Dosis yang dapat membuat obat tersebut masih tetap aman untuk si kecil.
  4. Pastikan tidak memberikan bahaya pada anak saat dikonsumsi.
  5. Pastikan si kecil cocok atau tidak mengalami alergi saat mengkonsumsi.

Bisa dikatakan gampang-gampang susah untuk menemukan obat flu yang tepat bagi si kecil dipasaran. Untuk lebih amannya memang menggunakan obat pilek resep dokter hasil konsultasi secara langsung. Dengan begitu dokter akan lebih paham jenis obat tersebut apa dan dosis yang aman seperti apa. Tetapi jika memang masih percaya dengan cara alami, orang tua tetap bisa menggunakan. Ada baiknya segera hubungi dokter ketika sudah keluar ingus secara berlebihan dan berwarna hijau dan pilek sampai dengan puluhan hari tidak kunjung sembuh.

Flu memang bukan masalah yang sangat bahaya, tetapi perlu paham jika flu yang terjadi itu bisa saja menjadi tanda penyakit yang lebih serius lainnya. Seperti salah satunya untuk jenis penyakit sinus, ini sangat berbahaya sekali. Makanya jika memang flu yang dialami oleh anak ataupun anggota keluarga lain tidak wajar, lebih baiknya untuk segera atasi dengan baik. Pastikan jika Anda melakukan pengobatan tidak terlambat karena dapat semakin berbahaya.

Tags: